ORIENTASI DAN KOORDINASI DOSEN DI LINGKUNGAN FEB UMM

Jum'at, 06 April 2018 20:12 WIB

 

 Orientasi dan Koordinasi Dosen di Lingkungan FEB

05/04/2018
Dalam rangka orientasi  dan koordinasi dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta pengenalan lembaga-lembaga baru di FEB, Senin 5 April 2018 telah dilaksanakan rapat koordinasi tingkat fakultas yang dihadiri oleh seluruh dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Dekan FEB, Dr. Idah Zuhro, MM dan didampingi oleh Pembantu Dekan 1, Dr. Widayat, MM serta Pembantu Dekan 2 Dr. Eny SUprapti, MM.
 
Dalam kesempatan tersebut, Dr. Idah Zuhro menyampaikan beberapa poin penting dalam pengembangan karir dosen di lingkungan FEB. Hal yang pertama adalah penyambutan terhadap dosen baru FEB sesuai dengan hasil seleksi semester genap tahun ajaran 2018/2019. Diharapkan para dosen baru tersebut dalam menjadi warna dan energi baru dalam pengembangan fakultas dan prodi masing-masing. Beliau juga menyampaikan bahwa setiap dosen baru dianjutkan untuk segera mengajukan NIDN (Nomer Induk Dosen Nasional) maksimal 3 bulan setelah SK (Surat Keputusan) Rektor keluar. Dosen baru yang sudah bergabung terhitung tanggal 19 Februari 2018, dan sudah menerima SK rector juga diharapkan segera melaksanakan tugas sesuai dengan homebase masing-masing.
 
Selanjutnya, terkait pengembangan keilmuan. Dr. Idah Zuhro  juga memperkenalkan Lembaga-lembaga baru yang akan turut berkontribusi dalam mengembangkan kualitas dari program-program studi di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Lembaga-lembaga tersebut adalah Lembaga Kewirausahaan yang diketuai oleh Ida Nuraini, SE., M.Si, Lembaga Kerjasama Internasional di bawah pimpinan Ratih Juliati, Dra., M.Si, serta Career Center yang akan menangani informasi terkait kesempatan kerja dan informasi studi lanjut bagi para alumni. Dr. Idah Zuhro, MM juga menambahkan bahwa pencapaian Tridharma perguruan tinggi, hanya berlaku di perguruan tinggi lain, di Universitas Muhammadiyah, kami menekankan adanya Catur Dharma, yaitu ghirah ke-Muhammadiyah-an yang menjadi hal mendasar dalam menciptakan lingkungan kerja yang Islami.
 
Kemudian, Pembantu Dekan 1, Dr. Widayat dalam sambutannya menambahkan bahwa sebagai seorang dosen, arti kehadiran sesungguhnya menjadi prioritas utama. Kehadiran disini artinya bahwa kehadiran setiap individu dalam menyiapkan generasi muda, dalam hal ini mahasiswa, di masa yang akan datang. Beliau juga menyampaikan bahwa kita harus bisa terlepas dari belenggu low level thinking dan mulai berkembang ke arah high level thinking yang diharapkan dapat mempercepat proses pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Pengembangan ilmu bagi seorang dosen, tidak hanya terbatas dalam proses learning dan teaching, namun juga bagaimana para dosen dapat mengimplementasikan ilmu yang ada dalam suatu karya ilmiah. Untuk itu, Dr. Widayat juga menganjurkan kepada setiap program studi untuk mengarahkan masing-masing dosennya untuk memulai self-branding untuk menentukan road map penelitian agar dapat mengembangkan potensi masing-masing.

Shared: