D-III Keuangan dan Perbankan
Universitas Muhammadiyah Malang
D-III Keuangan dan Perbankan
Universitas Muhammadiyah Malang

Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan

Latar Belakang Praktek Kerja Lapangan

Praktek kerja lapangan merupakan kegiatan intrakulikuler yang wajib dilakukan mahasiswa Program Studi Diploma III Keuangan & Perbankan Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang sebelum penulisan Tugas Akhir.

Praktek kerja lapangan dapat ditempuh mahasiswa Program Studi Diploma III Keuangan & Perbankan sekurang kurangnya telah menyelesaikan 114 SKS. Praktek kerja lapangan merupakan implementasi keilmuan dan bidang studi yang dimiliki mahasiswa pada dunia kerja yang sebenarnya. Konsentrasi Praktek Kerja Lapangan mahasiswa Program Studi Diploma III Keuangan & Perbankan Fakulta Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang yakni pada lembaga keuangan perbankan, lembaga keuangan bukan bank maupun lembaga usaha lainnya.

Bobot SKS PKL minimum adalah 2 SKS yang dapat dilaksanakan sekurang kurangnya 1 bulan untuk kegiatan selama 40 jam/minggu atau setara 120 jam kerja yang dilakukan di tempat PKL. Manakala kegiatan praktik kurang dari 120 jam, mahasiswa dapat melengkapinya melalui kerja untuk membantu laboratorium. Peserta PKL merupakan mahasiswa yang terdaftara dan telah disetujui Ketua Jurusan/Ketua Program Studi/Kepala Laboratorium. Adapun tempat PKL ditentukan oleh mahasiswa melalui pelamaran ke tempat praktek dan/atau ditetapkan oleh Jurusan/Program Studi. Selama PKL berlangsung pembimbingan didampingi oleh seorang dosen Program Studi D III Keuangan dan Perbankan serta pembimbing dari tempat PKL berada.

            Melalui praktek kerja lapangan yang dilakukan mahasiswa dapat diperoleh pengalaman praktis di dunia kerja serta dapat melakukan pengkajian terhadap penerapan keilmuan dan teori yang diperoleh mahasiswa selama proses pembelajaran di perguruan tinggi. Dengan demikian, pelaksanaan praktek kerja lapangan dapat menjadi jembatan antara lembaga pendidikan tinggi semacam program studi Program Studi Diploma III Keuangan & Perbankan sebagai lembaga yang menghasilkan ahli madya dibidang Keuangan dan Perbankan dengan lembaga usaha.

            Dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan, mahasiswa wajib memenuhi segala ketentuan yang diberlakukan program studi dan tempat/lembaga usaha yang digunakan sebagai praktek kerja lapangan. Diantaranya adalah dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan, mahasiswa diharuskan mengisi jurnal kegiatan yang telah ditentukan program studi sebagai dasar dalam mengevaluasi pelaksanaan praktek kerja lapangan. Selain itu adalah setiap praktek kerja lapangan wajib membuat laporan tugas akhir dalam bentuk hasil penelitian mahasiswa selama pelaksanaan praktek kerja lapangan maupun yang diperoleh dari diluar lembaga usaha yang dijadikan tempat praktek kerja lapangan.

Shared: