D-III Keuangan dan Perbankan
Universitas Muhammadiyah Malang
D-III Keuangan dan Perbankan
Universitas Muhammadiyah Malang

Evaluasi Praktek Kerja Lapangan

Evaluasi Praktek Kerja Lapangan


Evaluasi praktek kerja lapangan merupakan penilaian pelaksanaan selama praktek kerja lapangan. Evaluasi praktek kerja lapangan bagi peserta, terdiri dari dua tahap yaitu:

a.         Tahap evaluasi yang dilakukan lembaga usaha yang dijadikan sebagai tempat praktek kerja lapangan terhadap peserta praktek kerja lapangaan.

 

Dalam evaluasi ini didasarkan pada penilaian praktek kerja lapangan secara langsung ditengah pelaksanaan praktek kerja lapangan yang dilakukan oleh lembaga usaha yang dijadikan tempat praktek terhadap semua peserta praktek kerja lapangan. Evaluasi yang dilakukan meliputi beberapa criteria kemampuan, antara lain yaitu ;  reliability,sponsive, performance and courtency, communicative and integrated, creativity and variety, service to consumer, discipline and consistency.

Tabel Evaluasi PKL

 

No

kriteria

Nilai Angka

1

Reliability (dapat diandalkan)

 

2

Responsive (cepat tanggap)

 

3

Performance and courtesy (kinerja & kesopanan)

 

4

Communicative & integrated (komunikatif & keterpaduan)

 

5

Creativity and variety (kreatif & bervariasi)

 

6

Service to customer (pelayanan)

 

7

Discipline and consistence (disiplin & keberlanjutan)

 

 

Rata-rata

 

 

Nilai Huuruf

 

 

Tebel Konversi Nilai Huruf

Keterangan : Total nilai akhir PKL mahasiswa merupakan nilai angka dan  dikonversikan ke nilai huruf dengan ketentuan sebagai berikut :

 

1.      Total nilai > 80 – 100   Sama dengan nilai         A

2.      Total nilai > 75 – 80     Sama dengan nilai         B+

3.      Total nilai > 70 – 74,9  Sama dengan nilai         B

4.      Total nilai > 60 – 69,9  Sama dengan nilai         C+

5.      Total nilai > 55 – 59,9  Sama dengan nilai         C

6.      Total nilai > 40 – 54,9  Sama dengan nilai         D

7.      Total nilai < 40 Sama dengan nilai                     E


b.    Tahap Evaluasi yang dilakukan dosen penguji terhadap peserta praktek kerja lapangan.

 

Dalam tahap evaluasi ini dilakukan oleh dosen penguji yang ditunjuk program studi setelah mahasiswa melaksanakan praktek kerja lapangan dengan memeperhatikan laporan melalui jurnal kegiatan harian yang diisi oleh mahasiswa dengan disetujuai (ditanda tangani) oleh instruktur pada tempat praktek kerja lapangan (wakil lembaga keuangan). Bentuk evaluasi yang dilakukan dosen penguji secara komprehensif yang dilakukan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mendeskripsikan tugas-tugas yang telah dilakukan pada praktek kerja lapangannya. Selain itu juga untuk mengukur sejauh mana kontribusi praktek kerja lapangan dalam memberikan nilai tambah pengetahuan atau keahlian mahasiswa dalam melaksanakan bidang pekerjaan dilapangan. Evaluasi dan ukuran penilaian dosen penguji meliputi beberapa kemampuan antara lain; penguasaan materi yang dimiliki mahasiswa dalam menerapkan bidang studi yang dimiliki, persepsi, dan kreatifitas kerja.

Shared: