WUJUDKAN PROFIL LULUSAN MAHASISWA D3 PERBANKAN UMM MELALUI PUBLIC SPEAKING & EXCELLENT COMPETITION

Kamis, 13 Juli 2023 10:53 WIB   D-III Perbankan dan Keuangan

WUJUDKAN PROFIL LULUSAN MAHASISWA D3 PERBANKAN UMM MELALUI PUBLIC SPEAKING & EXCELLENT COMPETITION

Komitmen Prodi D3 Perbankan UMM untuk mencetak generasi multitalenta diwujudkan dengan mengintegrasikan perkuliahan dengan laboratorium terapan Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Direktorat Pendidikan Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang. Salah satu bentuk komitmen prodi D3 perbankan diwujudkan melalui menggelar kompetisi public speaking dan service excellence 2023 dengan mengusung dua tema besar dengan 7 kategori. Dalam tema Public Speaking terdapat kategori Master of Ceremony (MC), Speech, Marketing Product dan Debate.Sementara di tema Service Excellent, ada kategori Marketing Funding, Teller serta kategori Customer Service. 

 

 

Kompetisi ini merupakan luaran mata kuliah public speaking dan service excellence serta merupakan kompetensi utama prodi D3 Perbankan. Menurut Eris Tri Kurniawati selaku Kepala Laboratprium Prodi Perbankan UMM, kompetisi tahun ini merupakan kali ke empat diselenggarkannya Public Speaking and Service Excellent Competition. Kompetisi ini diadakan dengan tujuan meningatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi mahasiswa sesuai dengan kompetensi dan keilmuan yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Kompetisi ini diikuti oleh 34 mahasiswa yang, terdiri dari 14 mahasiswa semester 2 dan 20 mahasiswa di semester 4. Mereka nampak antusias melewati setiap tahapan kompetisi. Sebagai dewan juri kompetisi tahun ini tidak hanya melibatkan praktisi perbankan namun juga praktisi non perbankan dan praktisi dari media massa

“Kepercayaan diri, dan penguasaan materi menjadi poin utama, sehingga mereka bisa menciptakan keunggulan, addic value pada dirinya, menunjukkan pada orang lain bahwa ‘saya’ mampu. Terutama mahasiswa vokasi yang mereka digembleng dari sisi skillnya,” jelas Eris.Ditambahkan, bahwa pemenang terbaik dari kompetisi itu tak  hanya akan mendapat reward, namun juga berkesempatan mengikuti kompetisi  ajang serupa di tingkat nasional bahkan internasional. Upaya ini tentunya selaras dengan komitmen Direktorat Pendidikan Vokasi UMM berkomitmen untuk mendidik mahasiswa yang multitalenta. Tidak hanya mahasiswa yang pintar, namun juga excellent sehinga mampu menunjukkan kemampuan mereka dengan sangat baik khususnya dalam menghadapi tantangan era digitalisasi.

 

Lebih lanjut Novi Primitha Sari selaku dosen pengampu public speaking menambahkan kompetisi tersebut juga bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar siap terjun ke dunia kerja dan mampu bersaing dengan  lulusan yang mungkin (ada) di atas mereka, S1 atau sarjana terapan.

Ajang serupa juga akan digalakkan Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Direktorat Pendidikan Vokasi UMM yang khusus diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK se-Malang Raya. Ajang bertema ‘Public Speaking Competition’ ini tak hanya mengenalkan Pendidikan Vokasi UMM, namun menjaring potensi talenta muda sejak dini.

 

Shared: